Ratusan Warga Sorong Demo, Desak Pemerintah Pusat Realisasikan Pemekaran PBD

Massa saat menyampaikan aspirasi di halaman kantor walikota Sorong. (Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Ratusan massa dari berbagai elemen masyarakat menggelar aksi demo di halaman kantor walikota Sorong, Rabu (23/9/2020).

Aksi demo yang dipimpin oleh Kepala-kepala suku lintas Papua yang ada Di sorong raya itu mempertanyakan komitmen pemerintah pusat terhadap pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) provinsi Papua Barat Daya (PBD).

“Kami bersama segenap masyarakat Papua mendesak pemerintah pusat segera menanggapi aspirasi pemekaran PBD yang diperjuangkan selama 13 tahun ini, ” ucap Ketua Presidium Pemekaran calon DOB PBD Yosafat Kambu,

Menurutnya, pemekaran dapat mensejahterakan masyarakat Papua, karena dengan pemekaran akan banyak keuntungan terkait terutama dalam pelayanan publik.

“Kualitas kesejahteraan masyarakat dan pelayanan publik akan jauh lebih baik. Begitu juga kriminalitas di wilayah Papua akan berkurang karena terciptanya lapangan kerja bagi anak-anak kami. Kami tidak ingin yang lain-lain, kami hanya ingin pemekaran ini terwujud,”tuturnya.

Pada salah satu point tuntutan, Massa juga mengancam apabila pernyataan sikap mereka tidak ditanggapi pemerintah pusat, dalam kurun waktu 1 tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo, maka mereka akan melakukan konsolidasi politik memunculkan pergerakan aksi demo yang lebih besar.

Menanggapi aspirasi tersebut, Walikota Sorong Drs.Ec.lambert Jitmau, M. M,.mengatakan pihaknya menerima dengan baik aspirasi itu dan dalam waktu dan esok hari dirinya akan menyampaikan aspirasi tersebut kepada Gubernur Papua Barat untuk ditindaklanjuti.

“Aspirasi yang ada ini, besok saya sampaikan ke Gubernur. Selanjutnya saya ke Jakarta dan akan saya sampaikan lagi ke Kemendagri, Presiden, dan ketua DPRD RI. Berdoa kepada Tuhan, agar diberikan kelancaran dan semoga yang kita impikan bisa terwujud, “pungkas Walikota.