Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pulau Morotai, Ahdad Hi Hasan. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan telah menyetujui permintaan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulau Morotai untuk membantu masyarakat Pulau Rao. Untuk itu, rencananya pada Oktober 2020 mendatang, sebuah kapal milik PT. Pelni bakal beroperasi melayani masyarakat di Pulau Rao.

“Prosesnya sementara berjalan. Rencananya pada Bulan Oktober kapal itu sudah bisa beroperasu. Kami hanya menunggu pihak PT. Pelni melakukan survey,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pulau Morotai, Ahdad Hi Hasan saat dihubungi wartawan dari Ternate, Rabu (16/9).

Dia mengaku, kapal yang diusulkan tersebut, berkapasitas dibawah 100 orang. “ Nama kapal milik PT. Pelni itu adalah, Garda 6 dan akan melayari rute Pulau Rao-Wayabulan-Daruba,” kata dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, kapal itu untuk melayani masyarakat di Pulau Rao, lantaran memang selama ini masyarakat setempat sulit untuk berakses ke Daruba atau ibukota kabupaten setempat.

“Masyarakat Pulau Rao yang masih sulit mendapatkan akses transportasi laut. Harapan kita, Oktober kapal Garda 6 sudah bisa beroperasi, agar roda perekonomian masyarakat bisa berjalan dengan baik,” tandas Hasan.

Berita lain untuk anda