Gubernur Sulsel Minta Paslonkada dan Tim Sukses Bersaing Secara Sehat

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2020, di Hotel Claro, Senin (21/9). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah meminta kepada para pasangan calon kepala daerah, dan tim suksesnya masing-masing, untuk bersaing secara sehat, dan terhormat, diantaranya dengan menghindari kampanye hitam (black campaign), berita hoax dan sebagainya.

Gubernur mengaku, setiap pasangan calon dalam pilkada pasti ingin menang, tetapi semua harus secara terhormat, agar bisa memberikan pembelajaran bagi masyarakat.

“Bagaimanapun juga dalam kontestasi pilkada ini semuanya mau menang, tetapi kita harus menang terhormat, dengan mengikuti semua aturan,” kata Gubernur kepada wartawan, di Makassar, Selasa (22/9).

Ia menyebutkan, calon pemimpin harus senantiasa memberi contoh yang baik kepada masyarakat dengan bersaing secara sehat.

“Tindakan yang melanggar tentu saja sangat tidak mendidik bagi kita semua termasuk bagi masyarakat. Mari kita bersaing secara sehat, dan tentu kita sudah berjuang kita serahkan kepada Yang Maha Kuasa untuk menetapkannya,” sebutnya.

Gubernur Sulsel lebih jauh menekankan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN), untuk menjaga netralitas dalam pilkada serentak.

“Tentunya netralitas ASN ini penting sekali. Kalau seluruh penyelenggara, seluruh ASN yang ada betul-betul menjadi abdi negara yang menjunjung tinggi netralitas, naka tentu Pilkada ini berjalan lancar tanpa gangguan apapun maupun riak-riak.” tegasnya.

Gubernur juga menambahkan, pesta demokrasi tahun ini yang berada ditengah pandemi covid-19 harus menjadi perhatian, dan tanggung jawab bersama, untuk menekan penyebarannya.

“Pilkada di masa pandemi ini, tidak dapat dianggap remeh, sehingga harus menjadi perhatian dan tanggung jawab bersama, untuk menekan penyebarannya diantaranya dengan menjalankan protokol kesehatan secara ketat,” tandas Gubernur.