Akhir September 2020, Realisasi APBN di KPPN Merauke Capai 68 Persen

Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Merauke, I Made Ambara. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Berdasarkan data terkini, total realisasi APBN di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Merauke hingga akhir September 2020 sudah mencapai sekitar 68 persen. Atau mendekati target 70 persen dari yang diharapkan, untuk meberikan stimulus pada perekonomian.

Untuk Dana Desa dan DAK Fisik, dari pagu Rp1.273 miliar, realisasinya Rp1.034 miliar dengan persentase 81,23 persen. Sedangkan Satuan Kerja (Satker) Kementrian/lembaga (instansi vertikal) dari pagu Rp1.933, realisasinya Rp1.141, dengan capaian 59,03 persen.

“Total pagu keseluruhan Rp3.206 miliar, yang terealisasi Rp2.175 miliar dan capaian 68 persen,” ujar Kepala KPPN Merauke, I Made Ambara, Selasa (29/9/2020) via telepon.

Menurutnya, realisasi anggaran satker instansi vertikal, masih jauh di bawah target. Kendala utamanya adalah lelang untuk penentuan Penyedia Barang dan Jasa, serta kegiatan yang terkendala pelaksanaannya atau terjadi ‘penghematan’ akibat pandemi.

Seperti kegiatan workshop, sosialisasi, seminar, rakor, jalan dinas yang semula dilakukan secara fisik, saat ini dilakukan via zoom saja.

“Sehingga, sebagian kecil anggaran tidak dicairkan dan ada anggaran yang dialihkan untuk anggaran lainnya,” pungkasnya.