Tim Puslitbang Polri Gelar Penelitian e-MP di Polda PB

PJU dan Anggota Polda Papua Barat mengikuti penelitian e-MP Reskrim di Mapolda Papua Barat, Senin (10/8). Foto : Ist

TEROPONGNEWS.COM,MANOKWARI- Dalam rangka pelaksanaan penelitian tentang “Efektivitas Penggelaran Sistem Elektronik Manajemen Penyidikan (e-MP) Reskrim dalam mewujudkan pelayanan prima polri.

Maka tim pusat penelitian pengembangan (Puslitbang) Polri melaksanakan kegiatan pemutaran video tentang Puslitbang Polri dan Pengisian Quisioner secara online di 12 Polda sampel (percobaan).

Salah satunya Polda Papua Barat yang direncanakan akan berlangsung selama Empat hari mulai Tanggal 10 hingga 14 Agustus 2020.
Kabid humas Polda Papua Barat, AKBP Adam Erwindi,S.I.K.,M.H melalui siaran persnya yang diterima media ini, Senin (10/8) mengatakan, pembukaan penelitian e-MP ini bertempat di Ruang Pianemo Lantai II, Mapolda Papua Barat, Pukul 10.00 WIT.

Kegiatan ini dihadiri Karo Rena Polda PB, Kombes Pol Switbertus Budhi Prasetyo,S.IK, Direktur Reskrimsus Kombes Pol Romylus Tamtelahitu,S.Sos.,S.IK.,M.Krim, Dir Krimum, Kombes Pol Ilham Saparona,S.IK.,S.H dan Dir Narkoba Kombes Pol Rendra Radita Dewayana,S.IK Bersama perwakilan anggota Polri dari Satuan Kerja Direktorat Kriminal Khusus, Direktorat Kriminal Umum, Direktorat Kriminal Narkoba dan Anggota Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Papua Barat.

Sedangkan tim Peneliti dari Puslitbang yang turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni. AKBP Dr. Endro Sulaksono, M.Si (Katim),. Pembina I Ahmad Munif, S.H., M.Si (Anggota), . Iptu Whisnu Argo Bintoro, S.T (Anggota), Ruly Sujayanto, S.Kom (Konsultan).

Kepala Puslitbang dalam sambutannya yang dibacakan oleh perwakilan dari Puslitbang Polri mengatakan, pesatnya perkembangan zaman dan dunia teknologi informasi merupakan peluang sekaligus tantangan bagi Kepolisian.

“Karena selain memberikan kemudahan fasilitas teknologinya dan informasinya juga membuka peluang munculnya kejahatan(kriminal) dalam penggunaan teknologinya. Oleh sebab itu,Polri melalui Bareskrim melihat pentingnya pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mengoptimalkan profil dan kinerja kepolisian yang pro aktif sehingga dapat meningkatkan efisiensi,efektivitas dan integritas dalam penyelidikan kejahatan serta peningkatan analisis trend kejahatan dan penanganannya” pungkasnya.

Kapuslitbang juga menambahkan untuk mengetahui Informasi teknologi yang diperlukan oleh Fungsi Reserse baik oleh Bareskrim,Direktorat, Satuan dan Unit Reskrim dalam melaksanakan tugas penyelidikan dan penyidikan maka perlu dilakukan suatau penilitian yang holistik,terintegrasi dan komprehensif agar diketahui seperti apa informasi Teknolog untuk suatu proses perkara pidana.

“Seperti apa permasalahanya dan seperti apa prototipe,standarisasi dan kelayakan yang dibutuhkan untuk menunjang penyenggaraan aplikasi sistem Teknologi informasi serta personel yang memiliki kemampuan apa yang dibutuhkan dalam menangani informasi teknologi di Bareskrim polri,Direktorat Reserse,Satuan dan Unit Reskrim,” katanya.

Ia juga mengharapkan dengan adanya penelitian ini bisa memperoleh data/informasi permasalahan yang perlu dicarikan solusinya kedepan sehingga dapat merumuskan usulan,saran dan rekomendasi yang menjadi atensi pimpinan Polri terkait implementasi penggunaan aplikasi e-MP dan kemampuan personel Reskrim polri kedepan.