Ratusan Pasukan Marinir Berhasil Rebut Pantai Arar Yang Dikuasai Musuh

Prajurit Korps Marinir TNI AL menyerbu pantai Arar, dalam operasi pendaratan amfibi. (Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Ratusan Prajurit Korps Marinir TNI AL berhasil menyerbu dan menduduki kembali Pantai Arar, kabupaten Sorong yang di kuasai oleh musuh, dengan melakukan operasi pendaratan Amfibi, Senin (10/8/2020).

Operasi pendaratan amfibi bertujuan untuk menyusup dan melumpuhkan sasaran obyek obyek vital serta melaksanakan pengunduran secara cepat yang tentunya dapat memberikan efek kejut pada musuh yang tidak disangka sangka.

Sebelum pelaksanaan pendaratan amfibi, terlebih dahulu dilaksanakan Pendaratan Khusus (Ratsus) dari KRI Teluk Lada-521 ke Pantai Arar dengan jarak 4 mil laut, dengan menggunakan 8 perahu karet.

Sebagaimana diketahui, latihan tersebut merupakan bagian dari rangkaian latihan militer gabungan Gladi Tugas Tempur (Gelagaspur) Tingkat III (L-3) yang diselenggarakan oleh sejumlah unsur kesatuan TNI AL mulai Koarmada III, Pasmar 3, dan Lantamal XIV Sorong.

Gladi itu sendiri bertujuan untuk meningkatkan kemampuan atau keterampilan secara teknis dan taktis Satuan tempur dijajaran Koarmada III.

Selain pendaratan khusus dan pendaratan Amfibi, berbagai materi peperangan juga dilaksanakan, antara lain manuver taktis, peperangan ranjau, peperangan anti-permukaan, anti-kapal selam, pertahanan udara, pemeriksaan di laut, dab evakuasi medis udara.