Pangkoarmada III Buka Latihan Glagaspur Terpadu 2020

Tactical Floor Game (TFG) latihan Glagaspur. (Foto:Ist/TN)

TEROPONGNEWS. COM, SORONG, Pangkoarmada III Laksda TNI Dadi Hartanto, M. Tr. Hanla membuka latihan Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) Tingkat III L-3 Terpadu Koarmada III T.A 2020 di Gedung Serba Guna (GSG) Mako Koarmada III Jl. Bubara No. 01 Kota Sorong, Kamis (06/08/20).

Pembukaan Glagaspur ini turut dihadiri oleh para pejabat Koarmada III, Danpasmar-3 Brigjen TNI Mar Edi Juardi dan Danlantamal XIV Brigjen TNI (Mar) Markos, SE.

Dalama amanatnya, Pangkoarmada III mengatakan bahwa latihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan prajurit maupun baik perorangan kelompok dalam mengawaki pos-pos tempurnya, meningkatkan Komando kemantapan, dan pengendalian operasi serta meningkatkan kemampuan dan kehandalan Kapal, Pesud, Ranpur dan material Marinir.

“latihan L-3 terpadu yang saya banggakan, Latihan Implementasi L-3 terpadu diselenggarakan kali ini merupakan kemampuan kebijakan tempur pembinaan unsur-unsur TNI AL bagi personel KRI, Pesud, kesenjataan Ranpur Marinir dan unsur meningkatkan sebagai upaya untuk pengawak kemampuan Senjata Armada Terpadu (SAT,)”ujar Pangkoarmada III.

Menurut Pangkoarmada III, kondisi laut yang aman dan keberhasilan pelaksanaan tugas sinergitas sepenuhnya ditopang oleh angkatan empat pilar utama kekuatan TNI sistem laut yang terintegrasi dalam pada Senjata Armada Terpadu (SAT) baik masa damai maupun pada masa perang.

“Penjabaran tugas TNI AL dihadapkan pada perkembangan lingkungan strategis yang sangat dinamis dengan segala bentuk tantangan yang ditimbulkan, memerlukan suatu kebijakan pembinaan kemampuan tempur melalui latihan yang sesuai dan dapat mendukung pencapaian tugas pokok,”imbuhnya.

Pangkoarmada III berharap seluruh peserta latihan berlatih dengan sungguh-sungguh, agar bisa mencapai sasaran latihan yakni tercapainya kesiapan tempur unsur unsur Koarmada III dan Pasmar-3, meningkatkan keterampilan dan kemampuan prajurit di bidang peperangan anti kapal permukaan, peperangan anti udara, manuver taktis, lSBA, SBA, pertahanan pangkalan, Salvage bawah air, Ratsus dan operasi pendaratan amfibi, serta terwujudnya kerjasama taktis dalam satu operasi terpadu antar unsur- unsur Koarmada III dan Pasmar-3.