Berita

Masih Dalam Zona Merah, Ini Tema HUT Kota Ambon ke-445

×

Masih Dalam Zona Merah, Ini Tema HUT Kota Ambon ke-445

Sebarkan artikel ini
Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – “Ambon Sehat” akan menjadi tema dalam perayaan Hari Ulang Tahun ke-445 Kota Ambon yang jatuh pada tanggal 7 September mendatang. Upacara Perayaan HUT Kota Ambon juga akan dilaksanakan secara virtual.

1517
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Dengan tema yang telah ditetapkan serta dalam upaya mendukung program Pemerintah untuk memutus mata rantai penularan dan juga program Pemerintah Pusat untuk bagaimana menghindari kerumunan atau aktivitas-aktivitas yang mengakomodir masyarakat dalam jumlah yang banyak.

“Perayaan kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, mengingat pandemi yang terjadi, maka kita akan rayakan secara virtual, semua secara virtual,” kata Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy kepada wartawan, di Ambon, Selasa (25/8).

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriaansz mengaku, ada beberapa kegiatan dalam bentuk lomba yang nantinya menjadi bagian dari perayaan HUT dimaksud, yakni lomba kebersihan lingkungan antar Kelurahan/Desa/Negeri.

Menurut dia, lomba tersebut dilakukan ditengah Pandemi Covid-19, agar para Raja, Lurah maupun Kades senantiasa berinisiatif, untuk menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS dilingkungan masing-masing.

“Lomba kebersihan lingkungan merupakan upaya dalam mencegah penularan Covid-19 di lingkungan. Ini menjadi prioritas juga bagi Pemkot Ambon untuk melihat Desa, Kelurahan, atau Negeri mana yang senantiasa menciptakan PHBS di lingkungan masing-masing, terkhususnya pada masa Pandemi Covid-19,” kata Jubir.

Lomba berikutnya yakni Desa/Kelurahan/Negeri Aman Covid-19, dengan melihat kriteria dari Desa/Kelurahan/Negeri yang secara simultan melakukan koordinasi dengan Gugus Tugas pada tingkatannya, untuk berupaya mempercepat memutus mata rantai Covid-19 di wilayah masing-masing.

Selain itu, lanjut Joy, akan ada Lomba Mural bagi siswa-siswa SMP, SMU dan juga Umum. “Lomba mural yang dilakukan sebagai upaya menciptakan keindahan lingkungan di Kota Ambon, dengan menata talud atau tembok yang tidak terawat yang dituangkan dalam bentuk seni melukis dan menggambar,” ujarnya.