Latihan Glagaspur TK III / L-3 Terpadu Koarmada III Resmi Ditutup

Penutupan Latihan Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) TK III / L-3 terpadu Koarmada III tahun 2020 di GSG Koarmada III. (Foto:Ist/TN)

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Latihan Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) TK III / L-3 terpadu Koarmada III tahun 2020 resmi ditutup. Acara penutupan itu dilakukan di Gedung Serba Guna (GSG) Koarmada III Jl. Bubara No. 01, Kota Sorong, Selasa (11/8/2020) dengan inspektur KAS Koarmada III Laksma TNI Maman Firmansyah.

Amanat Pangakormada III Laksda Dadi Hartanto M. Tr. Hanla. Yang dibacakan oleh KS Koarmada III mengatakan bahwa acara Ini merupakan kegiatan yang menandai telah selesainya rangkaian pelaksanaan dimulai latihan selama seminggu, yang paparan dari pembukaan, pre sail brief, pangkalan, TFG dan Ocs plan pertahanan sekaligus manlap serta kaji ulang.

“Sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Maha Esa, Allah Subhanahu Wata’ala, seluruh atas terlaksananya kegiatan latihan ini sesuai dengan direncanakan. Latihan L-3 terpadu ini merupakan salah satu upaya Koarmada III dalam menyiapkan satuan operasionalnya, guna menghadapi pelaksanaan tugas yang sebenarnya dalam rangka menegakkan kedaulatan dan keamanan negara di wilayah perairan yurisdiksi nasional dengan mewujudkan kondisi laut yang aman dan terkendali.,”jelas Laksma TNI Maman Firmansyah.

Dikatakannya, kegiatan latihan ini mutlak diperlukan, mengingat perubahan lingkungan strategis yang sangat dinamis saat ini yang tentunya berpengaruh terhadap perubahan bentuk penanganan permasalahan yang muncul di medan tugas.

“Selama saya mengikuti jalannya latihan, seluruh prajurt telah melaksanakan latihan dengan penuh tanggung jawab dan semangat yang tinggi dalam mengaplikasikan seluruh kemampuannya, untuk mendinamisasikan latihan ini secara optimal salah satu,”ungkapnya.

Menurutnya, keberhasilan latihan L-3 terpadu ini dapat dilihat pada tercapainya kesiapan tempur unsur-unsur Koarmada III dan Pasmar 3, meningkatnya keterampilan dan kemampuan prajurit di bidang peperangan anti kapal permukaan, peperangan anti udara, peperangan anti kapal selam, manuver taktis, LSBA pertahanan pangkalan, salvage bawah air, ratsus dan operasi pendaratan amfibi, serta terwujudnya kerjasama taktis maupun efektivitas komando dan pengendalian unsur-unsur Koarmada III dan Pasmar 3.