Kantor Pos Merauke Salurkan BST Tahap Empat dan Lima Sekaligus

Kantor Pos Merauke kembali melakukan pembagian BST Kementerian Sosial, bagi masyarakat terdampak Covid-19 di Kabupaten Merauke. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Kantor Pos Merauke kembali melakukan pembagian Bantuan Sosial Tunai (BST) Kementerian Sosial, bagi masyarakat terdampak Covid-19 di Kabupaten Merauke.

Kali ini dilakukan pembagian untuk tahap empat dan tahap lima yang diberikan sekaligus. Dengan rincian Rp300.000 per tahap, sehingga menjadi Rp600.000 dalam sekali terima.

Kepala Kantor Pos Merauke, Denny Lumban Toruan menyebutkan, untuk tahap empat, dan lima nominal penerimaan menurun menjadi RP300.000 saja, dibandingkan tahap sebelumnya Rp600.000 per tahap.

“Data penerimaannya data base tahap ke tiga. Sehingga yang mengambil untuk tahap ke empat dan ke lima ini adalah penerima yang menerima di tahap tiga,” terang Denny, di ruang kerjanya, Senin (31/8).

Total keseluruhan penerima BST tahap empat dan lima, di Kabupaten Merauke sebanyak 5.499 penerima dengan batas waktu penyaluran hingga tanggal 10 September nanti.

Data awal penerima, kata Denny adalah 8.000 penerima turun menjadi 5.000 penerima, dikarenakan ada surat pengembalian sehingga kali ini yang diakomodir murni mereka yang menerima di tahap lalu.

“Besar harapan bagi warga yang belum sempat dapat, bisa menerima juga. Tapi kita tetap menunggu keputusan dari pemerintah. Kelak kalau di tahap selanjutnya ada perubahan, tentu akan berubah alokasi penerima di Merauke,” ungkapnya.

Ia menfatakan, Kantor Pos dalam hal ini hanya sebagai penyalur dengan batas waktu yang sudah ditentukan. Tidak punya kewenangan untuk menambah atau merubah jumlah penerima sesuai data yang diturunkan dari Kemensos.

Sementara dalam pembagian, baik petugas maupun penerima tetap menerapkan protokol kesehatan. Khusus di Kota Merauke, pembagian dilakukan selama tiga hari agar tidak mengakibatkan kerumunan massa.

“Besar dana BST tahap empat dan lima secara keseluruhan di Kabupaten Merauke, Rp. 3.299.400.000 (tiga miliar dua ratus sembilan puluh sembilan juta empat ratus ribu rupiah),” tandas Denny.