Sosialisasi Kostratani di Balai Penyuluhan Pertanian Wasur Merauke. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Tim Karantina Pertanian Merauke melakukan sosialisasi Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) merupakan upaya mewujudkan kedaulatan pangan nasional. Sosialisasi Kostratani dilaksanakan di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Wasur, Selasa (11/8).

Kepala Karantina Merauke, Sudirman, SP saat menyampaikan materi mengatakan, Karantina bersama Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan, Dinas Peternakan, Dinas Ketahanan Pangan dan BPTP siap melaksanakan pendampingan sebagai model BPP Kostratani dan Karantina akan berperan aktif dalam peningkatan pelayanan produk ekspor produk Pertanian.

“Karantina menjamin kualitas produk pertanian asal Merauke. Ini menjadi bagian penting dalam mendukung program Kostratani. Kemudian dalam pelaporan kegiatan Kostratani melalui aplikasi laporanutama.pertanian.go.id,” ujarnya.

Peserta yang terlibat adalah, seluruh Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) wilayah kerja BPP Wasur.
Turut hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Merauke, Kepala Laboratorium BPSB Merauke serta seluruh Lurah yang termasuk dalam wilayah kerja BPP Wasur.

Dikatakan, ada tiga BPP yang didaftarkan ke BPSDMP Kementerian Pertanian, sebagai model percontohan program kostratani. BPP Wasur merupakan Balai Penyuluh Pertanian yang pertama di Kabupaten Merauke, yang sudah siap baik dari sarana dan prasarana, maupun SDM-nya.

Sementara, PPL merupakan garda terdepan pertanian, dengan adanya Kostratani PPL didukung dengan teknologi informasi.

“Segala informasi yang ada di lapangan dilaporkan secara daring/online dan langsung terhubung ke Agriculture War Room Kementerian Pertanian” terang Ir. Y. Ratna Laoce, M. Si, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan selaku narasumber.

Di tempat yang sama, Kepala Distrik Merauke, Herman Kanggion S. STP menyambut baik program ini di wilayahnya, dan akan memberikan dukungan dan peran secara maksimal.

“Kostratani sangat bagus, dan saya merasa terhormat menjadi Ketua Kostratani di tingkat Distrik. Mari kita majukan pertanian kita sehingga hasil produksinya dapat dirasakan masyarakat,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita lain untuk anda