Bendera Merah Putih Raksasa Dibentangkan di Titik 0 Km PLBN Sota Merauke

Pembentangan Bendera Merah Putih Raksasa di Titik 0 PLBN RI-PNG, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 di Titik 0 PLBN Sota, Kabupaten Merauke perbatasan RI-PNG, Korem 174 Merauke melakukan pembentangan Bendera Merah Putih berukuran 30×20 meter.

Pembentangan bendera dilakukan oleh perwakilan seluruh komponen masyarakat, dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan Covid-19, Senin (17/8).

Aksi pembentangan sangat menarik perhatian seluruh masyarakat, namun dengan memperhatikan kondisi saat ini Merauke masih dalam situasi waspada Covid-19, sehingga masyarakat hanya dapat menyaksikan dari kejauhan.

“Titik 0 dipilih untuk membentangkan bendera merah putih, merupakan tempat yang paling strategis dalam konteks kebhinekaan, karena Sota ini adalah daratan wilayah paling timur NKRI,” ujar Kasrem 174/ATW Merauke, Kolonel Inf Agustinus Dedy Prasetyo.

Kasrem mengatakan, tujuan dari diselenggarakannya event ini, dalam rangka memperingati hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75, guna meningkatkan jiwa kebangsaan dan semangat nasionalisme bagi masyarakat Merauke.

Dikatakan, jumlah populasi di masyarakat Merauke tidak hanya dari suku asli Papua tapi juga mewakili suku-suku lain di Indonesia sebagai wujud persatuan dan kesatuan di wilayah Merauke yang merupakan wilayah kedaulatan NKRI di bagian paling timur.

Peringati Hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia di perbatasan diikuti dari TNI, Polri, elemen masyarakat, ASN dan Forkompinda serta beberapa organisasi masyarakat dengan acara inti mengibarkan Bendera Merah Putih.