Berita

Ada 13 Kejadian Gempabumi Di Papua Barat Dalam Sepekan, Manokwari Paling Terasa

×

Ada 13 Kejadian Gempabumi Di Papua Barat Dalam Sepekan, Manokwari Paling Terasa

Sebarkan artikel ini
Peta seismitas Papua Barat periode 24 s/d 30 Juli 2020.

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Berdasarkan rekaman gempabumi yang tercatat di peta seismitas Stasiun Geofisika Kelas I Sorong Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Periode 24 – 30 Juli 2020 tercatat ada 13 kejadian gempa bumi di wilayah Papua Barat.

1552
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Kepala Stasiun Geofisika Sorong, Andri Bidang mengatakan bahwa aktivitas gempa itu terjadi atas 5 Cluster meliputi daerah Sorong- Raja Ampat, Tambrauw, Manokwari-Ransiki, Teminabuan, dan teluk Bintuni.

“Gempa bumi tersebut disebabkan karena adanya sesar-sesar lokal pada daerah tersebut,”ucap Andri, Jumat (31/7/2020).

Dijelaskan Andri, dari total kejadian gempabumi tersebut terdapat satu gempa bumi yang dirasakan yaitu di daerah Manokwari pada tanggal 29 Juli 2020 pukul 15:07:45 WIT dengan intensitas III MMI dan Magnitudo 4,6.

“Gempabumi tersebut diakibatkan oleh aktivitas sesar lokal dan tidak berpotensi Tsunami. Kendati demikian kami mengimbau agar masyarakat selalu waspada,”pungkas Andri.