Rumah Aspirasi Sulaeman Hamzah Lakukan Rapid Test Gratis

Rumah aspirasi H. Sulaeman L Hamzah melakukan kegiatan rapid test gratis kepada masyarakat dapil wilayah Anim Ha. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA – Dua legislator Partai Nasional Demokrat (NasDem) terus, dan tidak lelah berbuat untuk masyarakat dapil di tengah Covid-19. Beberapa kali kompak melakukan kerjasama pembagian bantuan bahan makanan ke beberapa titik, rumah aspirasi H. Sulaeman L Hamzah kembali melakukan kegiatan rapid test gratis kepada masyarakat dapil wilayah Anim Ha.

Anggota DPR Papua, yang juga Sekretaris Komisi V, Fauzun Nihayah menyampaikan, awalnya ada masyarakat yang menelphon dan menyampaikan aspirasi terkait keinginan mereka untuk dilakukan Rapit Test agar segera bisa kembali ke Kabupaten masing-masing.

“Sekedar kita ketahui bahwa Rapid Test menjadi salah satu syarat sebelum melakukan penerbangan. Akhirnya, beberapa warga Merauke, Boven Digoel, dan Mappi yang terkena lockdown, sebagai akibat dari pandemi Covid-19 untuk dilakukan rapid test sebelum dipulangkan, Sabtu (6/6) Pukul 13.00 WIT,” kata Direktur Eksekutif Rumah Aspirasi H. Sulaeman L Hamzah ini, saat dihubungi via seluler, Minggu (7/6).

Masyarakat dapil berpose bersama Anggota DPRP Jayapura, Fauzun Nihayah. Foto-Ist/TN

Fauzun Nihayah mengungkapkan, masyarakat sangat antusias, untuk mendatangi posko rapid test untuk melakukan test, lantaran dibuka secara gratis. Kegiatan rapid test dilakukan di depan rumahnya di Kotaraja Kota Jayapura. Beberapa titik tempat masyarakat tinggal juga sudah ada yang mengkoordinir, jadi tidak sulit untuk mensosialisasikan adanya rapid test gratis yang dilakukan Rumah Aspirasi H. Sulaeman L Hamzah.

Sebelum kegiatan, dalam sambutannya ia menyampaikan salam dari H. Sulaeman L. Hamzah Anggota DPR RI Fraksi NasDem Dapil Papua, karena ada kegiatan lain sehingga yang bersangkutan tidak bisa hadir. Dikatakan, rapid test tersebut juga berkat support dari Anggota DPR RI tersebut.

“Kegiatan rapid test ini saya adakan secara gratis buat masyarakat dapil saya di wilayah Anim Ha, karena sesuai aspirasi yang kami terima. Kebetulan saya juga sebagai Sekretaris Komisi V yang membidangi kesehatan. Untuk itu setelah saya mendapatkan aspirasi, langsung saya membuat surat ke Satgas Covid-19 untuk bisa memberikan pelayanana rapid test gratis ke masyarakat di dapil,” kata dia.

Pihaknya, lanjut Fauzun, bahkan langsung turun menjemput masyarakat di beberapa titik Kota Jayapura. Ada beberapa masyarakat difasilitasi mencarter kendaraan, untuk datang melakukan rapid test.

Sedangkan Sulaeman L. Hamzah saat dihubungi mengaku, dirinya ikut prihatin atas kondisi wabah Covid-19 yang berdampak pada masyarakat, karena tidak ada penerbangan, sehinggga mereka belum bisa kembali ke dapil masing-masing. Sulaeman juga menjelaskan rumah aspirasi hanya memfasilitasi masyarakat untuk melakukan rapid test. Selanjutnya, untuk kepulangan dapat koordinasi dengan Pemerintah Daerah masing-masing.

“Hal ini saya dan ibu Fauzun lakukan sesuai aspirasi masyarakat. Saat saya dihubungi direktur rumah aspirasi sekaligus Anggota DPR Papua Ibu Fauzun saya bilang silahkan ditindaklanjuti. Karena yang mengadu kebanyakan masyarakat dari wilayah Anim Ha, jadi beliau dari dapil tersebut langsung mengurus dengan cepat, dan sudah tepat juga karena beliau di komisi kesehatan jadi bermitra dengan Satgas Covid-19 pastinya,” jelas Legislator NasDem yang terkenal Bapak Petani di dapilnya itu.

Sekali lagi ditegaskan, pihaknya hanya memfasilitasi rapid test gratis, jadi urusan selebihnya kembali ke masyarakat masing-masing, dan terkait kepulangan mereka disarankan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah masing-masing atau sesuai Instruksi Ketua Gugus Tugas Covid-19 di kabupaten.

“Kami tidak memungut biaya dalam melakukan rapid test ini, bahkan ada beberapa langsung di jemput dan difasilitasi untuk mencarter transportasi. Bukan itu saja, di sana juga kami disediakan makan oleh ibu Fauzun. Saya sangat berterima kasih atas ketulusan dan komitmen wakil rakyat kami dari NasDem atas bantuannya,” ungkap salah satu peserta, Antonius.