20 Pasien C-19 di Kota Sorong Dinyatakan Sembuh, Walikota Sambut Kepulangan Mereka

Walikota Sorong, Drs. Ec. Lambert Jitmau, M. M, didampingi Kapolres Sorong Kota dan Dandim 1802/Sorong saat menyambut kepulangan pasien sembuh Covid-19. (Foto :Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Sebanyak 20 orang pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh akhirnya diperbolehkan pulang. Hal tersebut ditandai dengan acara pelepasan pasien sembuh Covid-19 di lokasi karantina Diklat kampung salak, kota Sorong, Jumat (19/06).

Pantauan media ini, 20 pasien sembuh tersebut disambut langsung oleh Walikota Kota Sorong, Drs. Ec. Lambert Jitmau, M. M, Dandim 1802 Sorong dan Kapolres Sorong Kota, serta para tenaga medis.

penyambutan pelepasan pasien sembuh Covid-19 yang ditandai dengan pelepasan balon di udara. (Foto :Mega/TN)

Pelepasan pasien sembuh Covid-19 itu ditandai dengan pelepasan balon di udara. Selain itu, para pasien juga diberi buket bunga, bantuan paket sembako dan uang tunai sebagai tanda keberhasilan atas kesembuhan mereka.

Wajah bahagia nampak terpancar di wajah para pasien, karena akhirnya bisa pulang dan berkumpul bersama keluarga.

Walikota Sorong, Drs. Ec. Lambert Jitmau, M.M, mengucapkan rasa syukurnya kepada Tuhan karena banyak warganya yang sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19. Selain itu, Lambert juga sangat berterimakasih kepada tim medis yang sudah bekerja keras untuk mengurus pasien hingga sembuh.

“Puji syukur kepada Tuhan karena segala sesuatu ada di tangan Tuhan. Terimakasih yang tak terhingga kepada para medis, sekalipun ada tantangan yang datang baik dari pasien itu sendiri maupun ada sorotan negatif dari sana sini, tapi para medis tetap tegar melaksanakan tugas untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pasien hingga mereka sembuh,’ujar Lambert.

Menurut lambert, kesembuhan pasien tergantung perilaku pasien itu sendiri. Sebab, apabila pasien tersebut dalam keadaan stres maka dapat menurunkankan imun tubuhnya, sehingga memperlambat kesembuhannya.

“Kesembuhan tergantung perilaku pasien itu sendiri ,kalau dia tegang dan semakin Stres, saya khawatir sembuhnya lama. Kalau santai-santai saja dan tidak panik, paling lama 14 hari atau 1 bulan sudah bisa pulang kerumah dab berkumpul bersama keluarga,”ucapnya.

Lambert berharap, dalam waktu dekat ia bisa kembali hadir untuk menyambut kepulangan pasien sembuh Covid-19 lebih banyak lagi. Oleh karena itu, ia meminta kepada para pasien agar senantiasa mengikuti anjuran dan arahan dari tenaga medis.

“mudah-mudahan dalam waktu dekat ini, pasien yang masih ada disini bisa pulang dengan jumlah yang lebih banyak dari hari ini. Pesan saya kepada masyarakat kota Sorong, agar pasien yang pulang hari ini tidak dikucilkan karena mereka sudah sembuh. Mereka sudah tidak sakit lagi jadi silahkan berbaur, “pungkas Walikota Sorong.

Adapun 20 pasien sembuh Covid-19 yang diperbolehkan pulang hari ini yakni:
Rudy membeberkan, 20 inisial pasien sembuh dari Covid-19 tersebut:

IN (9) laki-laki di kelurahan klawuyuk,
​AS (5) perempuan di kelurahan Klawuyuk
​SK (35) perempuan di kelurahan Klawuyuk
​DA (47) perempuan di kelurahan Malaingkedi,
​RA (26) perempuan di kelurahan Malaingkedi
​RU (62) laki-laki di kelurahan klaligi
​MA (43) laki-laki di kelurahan klaligi
​MZ (12) laki-laki di kelurahan klaligi,
​AK (17) laki-laki di kelurahan klaligi
​FI (13) perempuan di kelurahan klaligi
​MA (51) perempuan di kelurahan klaligi
​AN (22) laki-laki di kelurahan klademak
​RA (21) laki-laki di klademak
​AR (59) laki-laki di kelurahan Rufei
​AFM (15) laki-kaki dari Jayapura
​NR (31) perempuan di kelurahan Rufei
​IN (37) perempuan di kelurahan Rufei
​NU (57) perempuan di kelurahan Rufei
​NA (59) laki-laki di kelurahan Rufei
​B (39) perempuan di kelurahan klaligi.