Karantina Terpusat Terwujud Jika Gugus Tugas Lakukan Hal Ini

Wakil Ketua DPR-PB, H. Saleh Siknun,S.E. (Foto : Abe/TN)

Manokwari,TN- Rencana dilaksanakan karantina terpusat untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona melalui orang tanpa gejala (OTG), orang dalam pemabtauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) dinilai tidak maksimal bahkan tak berhasil jika gugus tugas penanganan COVID-19 Provinsi Papua Barat dan Kabupaten/ Kota tidak melakukan hal ini.

Wakil Ketua DPR Papua Barat, H. Saleh Siknun,S.E kepada wartawan di Manokwari, Selasa (19/5) mengatakan, gugus tugas penanganan COVID-19 Provinsi dan Kabupaten/ Kota satukan persepsi untuk melaksanakan rencana karantina terpusat bagi OTG, ODP dan PDP.

Menurut Saleh Siknun bahwa seharusnya ada koordinasi yang intens antara gugus tugas Provinsi dan Kabupaten/ Kota supaya mencapai kesepakatan bersama dengan anggaran yang bersumber dari APBD tahun 2020 masing-masing.

“Kami DPR Papua Barat boleh berkata jujur bahwa masing-masing gugus tugas baik Provinsi maupun Kabupaten/ Kota masih jalan sendiri” ungkap Saleh Siknun kepada awak media di Kantor Gubernur Papua Barat Selasa sore.

Wakil Ketua lembaga legislatif Papua Barat itu mencontohkan gugus tugas Provinsi Papua Barat dengan Kabupaten Manokwari dimana mereka tidak menjalankan garis koordinasi.

Jika Kabupaten Manokwari yang merupakan ibukota Provinsi Papua Barat saja tidak ada koordinasi dalam penanganan COVID-19 tidak jelas, bagaimana dengan daerah lain.

“Seharusnya Manokwari ini menjadi contoh bagi Kabupaten lain, kita juga tidak tahu apakah gugus tugas COVID-19 Kabupaten Manokwari yang tidak jalan atau Gustu Provinsi yang terlalu cepat jalan, perlu ditelusuri” ungkap Saleh.

Politisi PDI Perjuangan ini mengusulkan agar sekertariat gugus tugas penanganan COVID-19 Kabupaten Manokwari dan Provinsi Papua digabung dalam satu gedung tinggal dibagi kamarnya.

Supaya tingkat koordinasi antara Kabupaten Manokwari dengan Provinsi Papua Barat berjalan lancar untuk sama-sama menangani persoalan penyebaran virua corona di daerah ini.

Saleh juga berharap gugus tugas penanganan COVID-19 juga lebih intensi membangun komunikasi dengan gustu Kabupaten/ Kota lainnya supaya sama-sama bisa wujudkan karantina terpusat itu.