Berita

Johnny G. Plate; Keamanan Data Pengguna Aplikasi ‘Peduli Lindungi’ Dijamin Pemerintah

×

Johnny G. Plate; Keamanan Data Pengguna Aplikasi ‘Peduli Lindungi’ Dijamin Pemerintah

Sebarkan artikel ini
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate . ( antaranews)

Jakarta,TN – Menteri Komunikasi dan Informatika atau Menkominfo Johnny G. Plate, meminta masyarakat mengunduh aplikasi penanggulangan Covid-19 bernama Peduli Lindungi.

1321
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Johnny mengatakan pemerintah menjamin keamanan data pribadi pengguna aplikasi tersebut. “Kami minta kepada segenap masyarakat untuk men-download aplikasi ini,” kata Johnny di Gedung BNPB, Jakarta, Sabtu, 18 April 2020.

Ia mengatakan telah menerbitkan Peraturan Menteri Kominfo untuk menjamin keamanan data pengguna aplikasi. Selain itu, ia mengatakan aplikasi ini dikembangkan dan dikelola oleh perusahaan dalam negeri.

Ia memerintahkan pengelola aplikasi untuk menghapus semua data pengguna begitu pandemi Covid-19 berakhir. “Semua pihak yang mengelola aplikasi ini untuk melakukan pembersihan atau menghapus datanya nanti pada saat keadaan darurat kesehatan berakhir,” ujar politikus Partai Nasdem ini.

Menurut Johnny, Aparatur Sipil Negara, anggota TNI dan Polri, serta pegawai Badan Usaha Milik Negara harus menjadi inisiator penggunaan aplikasi tersebut. Harapannya, setelah itu masyarakat lainnya akan segera mengikuti untuk mengunduh. Ia juga meminta para artis dan tokoh publik untuk mengimbau masyarakat menginstal aplikasi tersebut.

Aplikasi Peduli Lindungi diklaim dapat membantu penelusuran kontak penderita Covid-19. Aplikasi akan mengumpulkan data mengenai lokasi dari ponsel pengguna saat mengaktifkan Bluetooth. Ketika ada ponsel pengguna aplikasi lainnya yang berada dalam jangkauan Bluetooth akan terjadi pertukaran informasi yang direkam di masing-masing perangkat.

Informasi ini akan digunakan untuk mengidentifikasi orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan terduga penderita Covid-19. “Ini akan memudahkan tugas pemerintah dan seluruh komponen bangsa untuk memutus mata rantai penularan Covid-19,” kata dia. ( Sumber: teras.id/tempo.co)