Ambon, TN – Dinas Kesehatan Provinsi Maluku melalui Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) sudah melakukan langkah pencegahan masuknya Virus Corona Covid 19 ke Maluku, dengan memasang alat Thermo Scanner di Bandara Internasional Pattimura Ambon. Alat ini dipasang, guna mencegah kemungkinan penularan yang disebabkan oleh wisatawan yang datang dari luar Maluku.

“Alatnya sudah kita pasang sejak awal dikeluarkannya peringatan penularan Virus Corona, sampai saat ini, tidak ada pengidap ataupun sekedar suspect Virus Corona yang masuk ke sini (Maluku),” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, Meikyal Pontoh kepada wartawan, di Ambon, Sabtu (7/3).

Dengan adanya informasi terbaru, kata dia, maka pihaknya akan lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit menular yang berasal dari negeri tirai bambu tersebut.

Selain itu, langkah-langkah lain yang diambil Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku dan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon adalah memberikan sosialisasi kepada masyarakat, para peserta didik, para pelaku usaha, pedagang serta penyebaran poster dan spanduk yang mengajak masyarakat untuk memulai pola hidup sehat.

Untuk diketahui, Virus Corona atau 2019 Novel Coronavirus adalah, virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian.

Virus 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV) yang lebih dikenal dengan nama virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Virus ini bisa menyerang siapa saja, baik bayi, anak-anak, orang dewasa, lansia, ibu hamil, maupun ibu menyusui.

Infeksi virus ini disebut COVID-19 dan pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan cepat dan telah menyebar ke wilayah lain di Cina dan ke beberapa negara termasuk Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita lain untuk anda