Aimas, TN –Sebanyak 64 pemuda asli Papua, menjalani pemeriksaan kesehatan setelah mereka dinyatakan lulus pemeriksaan administrasi dalam seleksi Pra Bintara Noken Polri Tahun 2020 di Mapolres Sorong, Senin (2/3/2020).

Pemeriksaan kesehatan ini adalah tahapan lanjutan dalam rekrutmen Bintara Polri yang dilaksanakan Tim Panitia Daerah di Polres Sorong.

Ketua Panitia Daerah, AKBP Robertus A.Pandiangan S.Ik melalui Sekretaris Panitia, AKP Rusli menjelaskan, 64 pendaftar yang menjalan tes kesehatan itu, adalah hasil seleksi dari 73 orang pendaftar.

“Dari 73 pendaftar yang lolos seleksi awal, kemudian dilakukan pemeriksaan administrasi, dan hasilnya terdapat 65 orang yang lolos. Tapi ada 1 orang yang kemudian mengundurkan diri, sehingga saat ini tersisa 64 pendaftar,” ujar Rusli.

Pendaftar yang tidak lolos pemeriksaan administrasi, terdapat 6 orang yang tidak hadir saat pemeriksaan dan 2 orang yang gagal karena tinggi badan kurang dan ijazahnya Paket A.

Pendaftaran rekrutmen Bintara Polri yang dikhususkan untuk pemuda Papua ini, sebelumnya sempat diperpanjang waktunya, karena animo yang masuk masih kurang memenuhi kuota.

Menurut Rusli, kuota yang dibutuhkan Polda Papua Barat sebanyak 126 orang, yang akan diambil dari seluruh Polres dan Polresta di Papua Barat.  Dari Polres Sorong sendiri, kuota yang diberikan sebanyak 15 orang Bintara.

Sementara pemeriksaan kesehatan yang dilakukan terhadap pendaftar yang lolos pemeriksaan administrasi, meliputi kesehatan mata, kesehatan Telinga, Hidung dan Tenggorokan, komposisi tubuh, tensi dan nadi serta kesehatan gigi dan mulut.

“Dari pendaftar yang lolos pemeriksaan kesehatan ini, nanti dilanjutkan dengan Tes Kesamaptaan Jasmani,” pungkas Rusli, yang juga Kabag Sumda Polres Sorong ini. **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita lain untuk anda