200 Siswa Dikmaba dan Dikmata Papua Ikuti Pendidikan Dasar Keprajuritan Di Mako Koarmada III Katapop

200 Dikmaba dan Dikmata saat mengikuti pendidikan keprajuritan di Mako Koarmada III, Distrik Salawati Katapop, kabupaten Sorong.(Foto:Ist/TN)

TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Sebanyak 200 siswa Dikmaba dan Dikmata yang terdiri dari, Siswa Bintara Pria 83 orang, Siswa Bintara Wanita 17 orang, dan siswa Tamtama 100 orang mengikuti pendidikan keterampilan dasar keprajuritan serta Matra Laut.

Hal itu ditandai dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Dankodiklatal Laksda TNI Nurhidayat, S.H., M.A.P. pimpin Upacara Pembukaan Pendidikan Siswa Dikmaba dan Dikmata PK TNI AL Program Khusus Papua Calon Pengawak Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) angkatan I T.A 2020 bertempat di lapangan Mako Koarmada III, Distrik Salawati Katapop, kabupaten Sorong.

Pada pembukaan tersebut Dankodiklatal mengatakan mengucapkan selamat atas keberhasilan para siswa Dikmaba dandl Dikmata dalam menyelesaikan seleksi dan dinyatakan lulus, untuk mengikuti pendidikan Bintara dan Tamtama PK TNI AL daerah Papua T.A 2020.

“Tujuan dibuka pendidikan Dikmaba dan Dikmata ini untuk mendidik dan membekali calon Bintara dan Tamtama menjadi prajurit yang berjiwa pejuang Sapta Marga memiliki kesempatan jasmani sesuai standard Binjas TNI pengetahuan dan keterampilan dasar keprajuritan serta Matra Laut sehingga mampu melaksanakan tugas sebagai Bintara dan Tamtama TNI AL,”jelas Dankodiklatal Laksda TNI Nurhidayat, S.H., M.A.P.

Lebih lanjut, pendidikan ini akan dilaksanakan selama 6 bulan yang terbagi dalam 3 tahap, tahap 1 pendidikan dasar keprajuritan selama 3 bulan, tahap 2 pendidikan dasar golongan selama 1 bulan dan tahap 3 pendidikan dasar golongan lanjutan selama 2 bulan. Pelaksanaan program pendidikan ini, sebagai moment yang tepat untuk mencari pemuda dan pemudi berprestasi Putera daerah asli Papua yang diproyeksikan untuk mengawaki alutsista seperti KRI dan di Satuan pendirat di wilayah Timur Indonesia.

“Untuk pelaksanaan pendidikan ini merupakan tantangan tugas yang tidak ringan diperlukan usaha dan kerja keras dari kita semua agar program pendidikan ini dapat berjalan dengan baik aman dan lancar, sesuai yang kita harapkan bersama yang menghasilkan sumber daya manusia prarit TNI AL yang Bermoral, Profesional dan Berani,”imbuhnya.

Dankodiklatal berharap Kepada para siswa Dikmaba dan Dikmata yang berlatih mampu menyelesaikan pendidikan ini dengan baik aman dan lancar.