200 Pemuda Asal Papua Lolos Tes Prajurit TNI AL

Sebanyak 210 Pemuda asal Papua mengikuti sidang Pemantauan akhir Panitia Pusat (Pantukhir Panpus). 200 orang lolos dan tidak lolos 10 orang. (Foto:Ist/TN)

TEROPONGNEW.COM, SORONG – Sebanyak 200 pemuda asal Papua dinyatakan lolos tes TNI Angkatan Laut (AL) setelah mengikuti sidang Pemantauan akhir Panitia Pusat (Pantukhir Panpus) penerimaan Calon Bintara Pria/Wanita Prajurit Karier, dan calon Tamtama Prajurit Karier Angkatan Laut program khusus Kasal untuk mengawaki Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Tahun 2020.

Sidang Pantukhir Panpus tersebut dilaksanakan di Gedung Serba Guna (GSG) Mako Koarmada III Jl. Bubara No. 01 Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, Rabu (29/07/2020), dengan dipimpin oleh Aspers Kasal Laksda TNI I Nyoman Mandra, M. SC., CHRMP., Pangkoarmada III Laksda TNI Dadi Hartanto, M. Tr. Hanla, dan Kadisminpersal Laksma TNI DR. Benny Sukandari, S.E., M.M., CHRMP.

Aspers Kasal, laksda TNI I nyoman Mandra, M. SC., mengatakan bahwa Calon Bintara (Caba) pria dan Wanita serta Calon Tamtama (Catam) yang mengikuti pantukhir pusat di Koarmada III, merupakan calon-calon Bintara dan Tamtama terbaik.

“Para Caba dan Catam sebelumnya telah melewati seluruh tahapan pemeriksaan awal yang sangat ketat dan teliti, meliputi aspek administrasi, kesehatan, jasmani, Mental aideologi (MI) dan Psikologi, yang dilaksanakan secara obyektif dan transparan oleh masing-masing panitia daerah, yaitu Lantamal X Jayapura, Lantamal XI Merauke dan Lantamal XIV Sorong.”jelas Asper Kasal.

Dikatakannya, hasil dari Pantukhir Panpus tersebut adalah Caba pria sebanyak 108 orang, lulus 103 orang, dan tidak lulus 5 orang. Caba Wanita sebanyak 17 orang dinyatakan lulus semua, Catam sebanyak 85 orang, lulus 80 orang, dan tidak lulus 5 orang. Dengan hasil keputusan seluruhnya yang lolos berjumlah 200 orang dan tidak lolos 10 orang.

“200 Pemuda asal Papua yang dinyatakan lulus tersebut, akan mengikuti pendidikan dasar militer (Sarmil) di Koarmada III Katapop Salawati, Kabupaten Sorong dan Pasmar-3 Sorong serta pendidikan kejuruan yang akan dilaksanakan di Lantamal XIV Sorong.

“Selain itu, mereka juga akan mengikuti latihan praktek menggunakan KRI yang berada di jajaran Koarmada III. Pendidikan calon Bintara dan calon Tamtama prajurit karier TNI-AL selama ini diselenggarakan di Kodiklatal Surabaya, namun pada Tahun 2020 pertama kali diselenggarakan di Sorong,”pungkas Aspers Kasal.