Berita

17 tewas, 709 terluka dalam gempa di Izmir, Aegean Turki

×

17 tewas, 709 terluka dalam gempa di Izmir, Aegean Turki

Sebarkan artikel ini
IZMIR, TURKI – 30 OKTOBER: Sebuah foto drone menunjukkan bahwa pencarian dan penyelamatan terus berlanjut di puing-puing sebuah bangunan di distrik Bornova setelah gempa berkekuatan 6,6 mengguncang pantai Laut Aegean Turki, di Izmir, Turki pada 30 Oktober 2020. (Mahmut Serdar Alakuş – Anadolu Agency)

TEROPONGNEWS.COM, EROPA – TURKI, Sedikitnya 17 orang tewas dan 709 lainnya terluka ketika gempa berkekuatan 6,6 skala Richter mengguncang kota Izmir di Laut Aegea Turki pada hari Jumat, kata badan manajemen bencana negara itu.

1486
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Setidaknya 196 gempa susulan, dengan 23 di antaranya lebih kuat dari skala 4.0, tercatat setelah gempa, menurut Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat (AFAD).

Berbicara pada konferensi pers, Menteri Lingkungan dan Urbanisasi Turki, Murat Kurum mengatakan: “1.227 tim SAR sedang beroperasi di lapangan.”

Dia menambahkan bahwa delapan orang yang terluka berada dalam perawatan intensif, sementara lima lainnya sedang menjalani operasi.

AFAD mengatakan gempa terjadi pada pukul 2.51 malam. waktu lokal (11:51GMT) pada kedalaman 16,54 kilometer (sekitar 10 mil).

Badan tersebut mencatat bahwa di antara korban jiwa adalah seseorang yang tenggelam setelah gempa.

Sebelumnya, Gubernur Izmir Yavuz Selim Kosger mengatakan bahwa gempa bumi tersebut memicu tsunami sebagian di wilayah pesisir Seferihisar, yang menyebabkan sedikitnya satu orang terluka.

Sejauh ini 70 orang telah diselamatkan dari puing-puing, menurut gubernur.

Pekerjaan pencarian dan penyelamatan berlanjut di sekitar 17 bangunan yang hancur dan rusak di kota berpenduduk sekitar 4,37 juta – kota terbesar ketiga di Turki menurut populasi.

Lebih dari 50 kendaraan dan hampir 200 petugas penyelamat dikirim ke tempat kejadian, tambah AFAD.

Bulan Sabit Merah Turki juga mengirimkan 48 staf, 16 kendaraan, dan tiga dapur lapangan bergerak yang memiliki kapasitas untuk melayani lebih dari 25.000 orang.

Selain itu, 960 tenda bencana, 4.500 selimut, 3.672 tempat tidur telah dikirim ke wilayah tersebut, badan manajemen bencana menambahkan.

Ia juga mengatakan bantuan darurat 5 juta lira Turki (sekitar $ 600.000) telah dikirim ke wilayah itu oleh Kementerian Keluarga, Tenaga Kerja dan Layanan Sosial.

Kemudian, AFAD mengatakan bahwa gempa bumi lain, berkekuatan 5,1, melanda Laut Aegean, 20 kilometer (12,4 mil) dari distrik Kusadasi di provinsi Aydin Turki.

Kamera menangkap bangunan runtuh setelah gempa Izmir

Rapat Darurat Kementerian Pertahanan Turki

Kementerian Pertahanan Nasional Turki telah membentuk rapat darurat setelah gempa bumi, dan dua helikopter militer mengambil bagian dalam upaya pencarian dan penyelamatan.

Gubernur Istanbul Ali Yerlikaya mengatakan gempa itu juga dirasakan di kota metropolitan itu, sekitar 328 km (204 mil) utara Izmir, tetapi tidak menimbulkan efek buruk.

Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu mengatakan beberapa provinsi tetangga di wilayah tersebut, termasuk Usak, Denizli, Manisa, Balikesir, Aydin, dan Mugla, mengalami kerusakan ringan pada beberapa bangunan.

Gempa berkekuatan 6,6 skala Richter mengguncang wilayah Aegean Turki

Sebelumnya, Menteri Lingkungan Hidup dan Urbanisasi Murat Kurum mengatakan, orang-orang terperangkap di bawah puing-puing lima bangunan yang hancur akibat gempa.

Kurum juga mengatakan akan menuju ke wilayah tersebut, bersama dengan Menteri Pertanian dan Kehutanan Bekir Pakdemirli.

Permukaan air naik setelah gempa bumi di wilayah Aegean Turki

Adil Karaismailoglu, Menteri Perhubungan dan Infrastruktur, mengatakan tidak ada masalah transportasi atau komunikasi pasca gempa.

Menteri Energi dan Sumber Daya Alam Fatih Donmez mengatakan tim kementerian diarahkan ke wilayah tersebut untuk menghindari masalah dengan pasokan energi.

Mengekspresikan solidaritas, Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa Turki mendukung “warganya yang terkena gempa.”

“Kami mengambil tindakan untuk memulai pekerjaan yang diperlukan di kawasan dengan semua lembaga dan menteri terkait,” tambah Erdogan.

Upaya pencarian dan penyelamatan sedang berlangsung setelah gempa di wilayah Aegean Turki

Kementerian Komunikasi Turki Fahrettin Altun menyampaikan belasungkawa kepada keluarga dan teman-teman dari mereka yang kehilangan nyawa akibat gempa bumi.

“Kami berdoa agar tidak ada korban jiwa lagi di Turki atau Yunani dan kami mengirimkan harapan terbaik kami kepada semua yang terkena dampak di kedua sisi gempa,” katanya di Twitter.

Altun menambahkan, Turki siap membantu Yunani jika dibutuhkan.

National Observatory of Athens ‘Institute of Geodynamics awalnya memperkirakan kekuatan gempa 6,6, tetapi kemudian merevisi menjadi 6,7. Gempa itu melanda barat laut pulau Yunani Samos di Laut Aegean, kata observatorium itu.

Dua anak dilaporkan tewas di pulau Samos, Yunani.

Source: Anadolu Agency