140 Pasang APD Tiba, RSUD Kendari Siap Rawat PDP COVID-19

Kendari, TN – Sebanyak 140 pasang Alat Pelindung Diri (APD) telah tiba di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari, Jumat, (20/3). APD ini nantinya akan digunakan oleh petugas kesehatan dalam merawat Pasien Dalam Pengawasan (PDP), yang dirujuk ke RSUD Kota Kendari karena, diduga terpapar Corona Virus Disease 2019 atau COVID-19.

Direktur RSUD Kota Kendari dr.Sukirman mengatakan, APD yang tiba terdiri dari jas pelindung diri atau hazardous materials suit (hazmat), hand scoon (kaos tangan), kacamata google, masker n95, dan penutup kepala.

“Setelah kami utus staf ke Jakarta dengan susah payah, Alhamdulillah berhasil mendapatkan 140 pasang APD, walaupun harganya sudah melonjak, hazmat itu harganya mencapai 250 ribu, sedangkan masker n95 sudah sampai 100 ribu,” Ucap Sukirman lewat rilisnya yang diterima Teropongnews.com, di Makassar, Sabtu (21/3).

Namun menurut dr. Sukirman, 140 pasang APD ini hanya bisa bertahan selama 2 minggu, dikarenakan setiap kontak dengan pasien PDP COVID-19, APD tersebut sudah tidak bisa digunakan lagi.

“Bapak Wali Kota telah kirim surat ke Menteri Kesehatan meminta bantuan APD sebanyak 2.000 pasang. Mudah-mudahan menkes menyetujui suplay APD ke tiap Rumah Sakit yang menjadi rujukan,” harap dr. Sukirman.

RSUD Kota Kendari sendiri telah resmi ditetapkan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai Rumah Sakit Rujukan untuk menerima dan merawat Orang Dalam Pemantauan (ODP), serta PDP COVID-19 untuk wilayah Kota Kendari. RSUD Kota Kendari telah mempersiapkan ruang isolasi yang dapat menampung 9 orang ODP/PDP COVID-19.