1 Pasien Dinyatakan Positif Corona, Ini Penjelasan Satgas COVID-19 Bintuni

Direktur RSUD Kabupaten Teluk Bintuni. (doc.TN)

Manokwari, TN- Gugus Tugas penanggulangan infeksi corona virus disease (COVID-19) Provinsi Papua Barat umumkan penambahan pasien positif corona dari 2 menjadi 3 orang, per Minggu 12 April 2020.

Menurut penjelasan Juru bicara Satgas C-19 Papua Barat, dr Arnoldus Tiniap bahwa penambahan 1 pasien positif terpapar corona itu dari Kabupaten Teluk Bintuni sesuai data press release yang diterima media ini, Minggu (12/4).

Pernyataan Jubir Satgas C-19 Papua Barat, dr Arnoldus Tiniap itu dibenarkan Direktur RSUD Kabupaten Teluk Bintuni yang juga adalah anggota Satgas COVID-19 Teluk Bintuni, dr Eka Suradji, namun pasien tersebut tidak berada di Bintuni.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Media ini, Minggu (12/4) malam, dr Eka menjelaskan kronologis terkait informasi bahwa ada satu pasien positif covid dari Teluk Bintuni.

“Bahwa pasien tersebut berjenis kelamin laki-laki dan berusia 47 tahun dirujuk ke rumah sakit Unhas Makassar pada tanggal 3 maret 2020 untuk operasi kandung empedu,” tulis dr Eka melalui pesan singkat whatsAppnya.

Dijelaskan, pasien tersebut satu pekan yang lalu kontrol hasil operasinya dan dinyatakan baik, namun karena belakangan mengeluh batuk maka yang bersangkutan diarahkan ke dokter spesialis paru untuk dilakukan pemeriksaan COVID-19.

Setelah menjalani pemeriksaan kemudian keluar hasilnya warga Teluk Bintuni ini dinyatakan pasien tersebut positif virus corona, paparan covid dipastikan terjadi saat pasien berobat di makassar.

“Pasien saat ini bukan di Teluk Bintuni tapi masih berada di Makassar untuk kontrol operasinya, dalam keadaan baik serta batuknya sudah menghilang. pasien telah diarahkan untuk melanjutkan pengobatan di Makassar hingga sembuh dan hasil pemeriksaan covid menjadi negatif,” tegas dr Eka Suradji.