Foto bersama balon Bupati Kabupaten Merauke, Heribertus Silubun Takafanem Kaize dengan pimpinan-pimpinan partai politik pengusung, saat Acara syukuran pasangan HEBAT. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Setelah terpenuhinya syarat-syarat sebagai Bakal Calon (Balon) Kepala Daerah Kabupaten Merauke, Heribertus Silubun Takafanem Kaize, SH dan Bambang Setiadji Suji, S.Sos atau yang disingkat HEBAT, mengadakan acara syukuran.

HEBAT adalah singkatan dari Heri-Bambang-Terpercaya dengan semboyang ‘Merauke Maju Masyarakat Sejahtera.’ Syukuran digelar di halaman Sekretariat DPC PDIP, Jalan Brawijaya Merauke, Sabtu (11/7) sore. Diawali dengan doa berantai oleh perwakilan dari agama Muslim, Protestan, Hindu dan Katolik.

“Kami mengucap syukur atas sebuah proses panjang dan bahwa kami sudah memenuhi syarat untuk dapat mendaftarkan diri sebagai calon bupati dan wakil, masa bakti 2021-2025. Puji kepda Allah di tempat-Nya yang Maha Tinggi, karena saya percaya karena apa yang kami dapatkan hari ini bukan karena kemampuan kami tapi karena kuasa-Nya,” tutur Heribertus Silubun dalam sambutannya.

“Senang sekali kita bisa melaksanakan syukuran ini karena bagi saya dan pak Bambang, ini adalah fondasi dasar untuk kita berpijak dalam membangun Kabupaten Merauke yang akan kita capai 2020-2025 yang akan datang,” sambung Heri.

Ia mengatakan, jauh sebelumnya cukup banyak orang yang tidak memperhitungkan, bahwa pasangan HEBAT bisa melangkah sampai di saat ini.

“Kami dipopulerkan dengan pasangan HEBAT Heri-Bambang-Terpercaya yang artinya kalau selama ini rakyat sudah tidak percaya pada pemimpin, maka Heri dan Bambang mengembalikan kepercayaan rakyat terhadap pemimpin,” ujar dia.

Lanjut kata Heribertus, ada dua faktor yang akan difokuskan dalam kerja politik dalam menghadapi Pilkada 9 Desember 2020. Pertama, keteladanan calon bupati dan wakil. Kedua, ide, gagasan dan program yang ditawarkan.

“Kita ingin menampilkan sesuatu yang positif. Kita berharap bahwa kita berada pada irama yang sama dengan koalisi, dan tim pemenang serta semua pihak maupun masyarakat,” harapnya.

Poin pertama soal keteladanan, menurut Heri, selama berkiprah kurang lebih puluhan tahun tahun di dunia politik, ia melihat keteladanan seorang pemimpin tergambar dari proses yang dialami.

Ia gambarkan dengan mengutip pelajaran dari alam, tentang filosofi ikan dan air. Ikan hanya bisa bertumbuh dan menjadi besar kalau ada di dalam air dan akan mati saat keluar dari air.

“Andaikan ikan itu adalah kami politisi dan rakyat itu air, kami bisa tubuh besar kalau kami ada di tengah rakyat. Kalu kami menarik diri menjauh jauh dari rakyat, sama dengan kita menarik ikan dari air ke darat, maka tidak ada lagi yang simpati sama kami,” bebernya

Filosofi kedua yang didapat dari alam adalah tanah dan air. Ibarat tanah sebagai seorang politis atau calon pemimpin dan air adalah rakyat. Di sini alam mengajarkan manusia bahwa air pasti banyak berada di dataran rendah. Di ketinggian ada air tapi sedikit. Ini menggambarkan rakyat lebih banyak menginginkan pemimpin yang rendah hati.

“Sehingga saya belajar untuk bagaimana tetap rendah hati sehingga itu bisa menjadi alasan rakyat bisa memilih pasangan HEBAT, Heri-Bambang,” ucapnya lagi.

Poin kedua, ide, gagasan dan program. Heri-Bambang sepakat bahwa dari semua program yang akan dilaksanakan, yang saat ini sementara dipersiapkan tim, ada komitmen yang menjadi prioritas yakni, HEBAT ketika dipilih adalah pelayan rakyat. Tugasnya melakukan apa yang rakyat minta dan selama permintaan bisa dilakukan maka HEBAT akan melakukannya.

Berikut, konsep pembangunan yang bersifat menyeluruh dan tuntas. “Kita ingin dengan konsep ini kita mengajak rakyat bersepakat, tahun pertama meneruskan apa yang dilakukan pemerintah saat ini, tapi selanjutnya, sesuai permintaan rakyat, pembangunan akan dilakukan di setiap tahunnya selama masa menjabat,” kata Heri.

Konsep lanjut, membangun kota di kampung. Konsep ini mendasari pada kesamaan hak masyarakat. Yang penting bagi HEBAT adalah apa yang rakyat butuhkan dan mau itu lakukan. Sebab HEBAT hadir untuk mengabdi di atas tanah ini.

Heri kembali menegaskan, pemberian marga Takafanem Kaize pada nama Heribertus oleh orang tua-tua adat karena mereka yang tau apa yang sah dan tidak. Sebab, jauh sebelumnya, leluhur Heribertus sudah lama mengabdi di tanah Marind dan memberi andil dalam pembangunan SDM maupun pembangunan secara umum.

Menariknya, HEBAT sudah mendapatkan dua rekomendasi partai pengusung yaitu, PDIP dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan total menjadi 6 kursi. Sementara tinggal menunggu dari Partai Hanura yang sedang dalam proses, untuk nantinya menjadi 8 kursi.

Terakhir, dengan meminta restu dari leluhur dari Kei, leluhur Marind dan leluhur seluruh Nusantara, Heribertus Silubun Takafanem Kaize mengumumkan nama koalisi yang akan dipakai dalam Pilkada 2020, yakni Koalisi Rakyat Nusantara Bersatu, atau disingkat Koalisi R NBe.

“Karena kita tau untuk bisa memenangkan kami kalau kita bersatu. Dan kekuatan rakyat yang menginginkan pemimpin yang rendah hati itu sangat dhasyat. Kenapa Nusantara, karena saya dengan Pak Bambang, kami bukan asli orang Marind, tetapi saya sudah ditetapkan 100 persen menjadi bagian dari orang Marind melalui ritual adat, dan dengan kekuatan nusantara menjadi kekuatan yang besar yang bisa memenangkan pasangan HEBAT,” tuturnya.

Acara syukuran dihadiri ketua DPC Partai Persatuan Pembangunan, Ketua DPC Partai Hanura, Pengurus DPC PDIP dan anggota fraksi, serta ratusan undangan pendukung HEBAT. Semua proses tetap mengikuti protokol kesehatan.

Semua wajib cuci tangan pake sabun, mengenakan masker, mengukur suhu tubuh dan menjaga jarak. Sementara itu, balon Wakil Bupati, Bambang Setiadji Suji tidak hadir, karena masih berada di DPP Hanura untuk pengurusan rekomendasi.

Berita lain untuk anda

Empat Jam Diguyur Hujan Deras, Kota Sorong Dikepung Banjir

TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Hujan deras yang turun sejak Kamis (16/72020) Sore…

Dihadapan MenPAN-RB, Gubernur Papua Barat Minta Kuota Tambahan Pada Formasi CPNS 2018

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA- Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan, pimpin 13 kepala daerah…

Gubernur PB dan Seluruh Kepala Daerah akan Temui MenPAN, Bupati AFU Minta Peserta CPNS di Raja Ampat Bersabar

TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Gubernur Papua Barat (PB), Drs Dominggus Mandacan, Senin (3/8/2020) mengundang…