Ambon, TN – Sekretaris Daerah (Sekda) yang juga Ketua Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang membenarkan, jika berdasarkan hasil uji spesimen yang dilakukan oleh Balitbangkes Kementerian Kesehatan RI menyatakan, satu dari Pasien Dalam Perawatan (PDP) yang diisolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. M. Haulussy di kawasan Kudamati, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon dinyatakan positif terpapar Virus Corona (Covid-19), sementara satu lainnya negatif.

“Tentunya ini menimbulkan berbagai macam dampak bagi kita semua. Kronologisnya yakni, tadi sekitar pukul 04.00 WIT dini hari, kita diberitahu lewat sambungan telepon oleh Laboratorium Kesehatan (Labkes), bahwa ada satu PDP yang diisolasi di RSUD Haulussy positif terpapar virus Corona. Kemudian pagi tadi, kami langsung berkoordinasi dengan pihak Kodam XVI/Pattimura, Polda Maluku dan Wali Kota Ambon, serta tentunya dengan pihak gugus pulau nasional,” kata Selang saat menggelar konferensi pers, di lantai VI Kantor Gubernur Maluku, Minggu (22/3) sore.

Untuk itu, kata dia, langkah-langkah yang akan diambil oleh tim Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku adalah, melakukan pelacakan. Selain itu, menurut Selang, pihaknya juga akan menyiapkan lokasi-lokasi untuk tempat isolasi.

“Kami juga akan memperketat pintu-pintu masuk, baik Bandara Internasional Pattimura Ambon, Pelabuhan Yos Sudarso. Hasil evaluasi kita kemarin, banyak warga yang enggan dicek suhu tubuhnya saat turun dari pesawat. Kami harapkan kerjasama dari kita semua, agar penyebaran virus Corona di Maluku bisa diminimalisir,” pinta dia.

Selang mengaku, Orang Dalam Pemantauan (ODP) mengalami peningkatan yang cukup signifikan, dari 27 menjadi 53 orang di seluruh Maluku. Dengan Perincian, Kota Ambon sebanyak 6 orang, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) sebanyak 3 orang, Kabupaten Buru sebanyak 10 orang, Kota Tual sebanyak 2 orang, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) sebanyak 26 orang, dan Kabupaten Kepulauan Aru sebanyak 6 orang. Sementara PDP di Kota Ambon sebanyak 1 orang, dan positif terpapar virus Corona sebanyak 1 orang.

“Kami meminta masyarakat untuk tetap tenang, dan tidak perlu panik, dan menjauhkan diri dari keramaian, serta tidak keluar rumah, kecuali dalam kondisi darurat,” himbau Selang.

Berita lain untuk anda

Laitupa Marah Jenazah Pasien Covid-19 Dimakamkan Seperti Ayam Yang Mati

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Anggota DPRD Provinsi Maluku, Wahid Laitupa kesal dan marah,…

Di Kota Sorong, Rapid Tes Digratiskan Bagi Pelajar, Mahasiswa Dan Warga Kurang Mampu

TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Pemerintah Kota Sorong menggratiskan biaya rapid tes bagi…

Sapulette Berniat Maju di Pilwalkot Ambon

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Salah satu pengacara kondang di Jakarta, yang adalah Ketua…