Makassar, TN – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, yang dalam hal ini Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Sosialisasi Peraturan Gubernur Nomor 1 Tahun 2020 tentang Pedoman Umum Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Sulawesi Selatan Tahun Anggaran (TA) 2020, di Hotel Grand Asia Makassar, Kamis (12/3).

Acara dibuka oleh Kepala Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setda Provinsi Sulsel, Since Erna Lamba mewakili Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel.
Kepala Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setda Provinsi Sulsel, Since

Erna Lamba dalam sambutannya menyampaikan, pelaksanaan sosialisasi ini memiliki peran penting dan strategis dalam pelaksanaan APBD, yang merupakan produk regulasi yang akan menjadi pedoman bagi pelaksanaan program/kegiatan agar dapat mencapai hasil yang optimal sesuai yang telah direncanakan dan ditargetkan pada Tahun 2020.

“Dalam penyusunan APBD ini harus sesuai dengan kebutuhan penyelenggaraan pemerintah dan kemampuan pendapatan daerah, dimana pelaksanaan program pembangunan tersebut dapat berhasil guna dan berdaya guna,” ujarnya.

“Pengelolaan APBD ini juga diharapkan agar lebih efektif dan efisien sehingga mampu menjadi pendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi serta sektor pembangunan lainnya di Sulawesi Selatan,” harapnya.

Lebih lanjut dia menambahkan, inti dari pelaksanaan APBD Tahun 2020 ini mencakup pengelolaan keuangan daerah, pengelolaan barang daerah, pengelolaan fungsi-fungsi pengamanan keuangan daerah, dan pengelolaan pengendalian pelaksanaan pembangunan.

“Untuk itu, kami berharap dari pertemuan ini ada masukan dari para narasumber, khususnya Inspektorat Daerah dalam hal pembinaan. Disamping itu juga dari segi teknis pelaksanaan, harus ada cara pandang yang sama untuk semua OPD,” imbuhnya.

Sementara, H. Muh Nasser Parawansa, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan selaku Ketua Penyelenggara melaporkan, tujuan sosialisasi ini adalah sebagai acuan dan pedoman bagi semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov Sulsel dalam pelaksanaan APBD TA 2020, sehingga dapat lebih terarah dalam rangka peningkatan kinerja pengelolaan Belanja Daerah melalui pelaksanaan berbagai program dan kegiatan sesuai dengan kebutuhan dan prioritas masing-masing Perangkat Daerah.

Sosialisasi ini diikuti oleh para pelaksana/pengelola program/ keuangan dari seluruh Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Prov. Sulsel dengan menghadirkan narasumber dari Tim TAPD Pemprov Sulsel.

Berita lain untuk anda

Laitupa Marah Jenazah Pasien Covid-19 Dimakamkan Seperti Ayam Yang Mati

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Anggota DPRD Provinsi Maluku, Wahid Laitupa kesal dan marah,…

Di Kota Sorong, Rapid Tes Digratiskan Bagi Pelajar, Mahasiswa Dan Warga Kurang Mampu

TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Pemerintah Kota Sorong menggratiskan biaya rapid tes bagi…

Akhirnya, 30 Juli 2020 Hasil Tes CPNS Papua Barat Formasi 2018 Diumumkan

TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI-Pengumuman hasil tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2018…