Pemkot Dirikan Tenda Darurat Untuk Bantu Korban Kebakaran

Ambon, TN – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mendirikan sejumlah tenda darurat bagi korban kebakaran yang terjadi di wilayah Ongkoling, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

Tenda-tenda tersebut dibangun untuk menampung sementara masyarakat yang rumahnya hangus terbakar pada minggu subuh, kemarin.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon, Demi Paays mengaku, tenda-tenda darurat yang didirikan BPBD, Dinas Sosial dan Polda Maluku berjumlah 40 buah.

“Pembangunan tenda darurat sudah dilakukan sejak Minggu sore, oleh Polda sebanyak 2 buah tenda dan 23 buah tenda keluarga oleh Dinas Sosial Kota Ambon. Kemarin, BPBD menambahkan 15 buah tenda darurat berukuran 4×6 meter yang masing-masing tenda dapat menampung kurang lebih 10 jiwa,” jelas Paays.

Selain tenda darurat, kata Paays, penanganan lain juga dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum Kota Ambon dan Provinsi Maluku.

“Untuk masalah sanitasi, air dan penerangan, kita sudah berkoordinasi dengan Dinas PU Kota maupun Provinsi. Dan per hari ini semuanya sudah bisa terselesaikan,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas (Kadis) Sosial Kota Ambon, dr. N Jasin mengatakan, selain tenda darurat yang dibangun, Dinas Sosial Kota Ambon juga menyediakan makanan siap saji bagi para korban.

“Sesuai Standart Operation Procedure (SOP) Tanggap Darurat, maka kami menyediakan makanan siap saji bagi para korban selama 3 hari kedepan,” ungkapnya.

Dinas Sosial, lanjut Jasin, juga tengah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Ambon maupun Gugus Tugas Kota Ambon untuk melakukan langkah pengamanan berupa penyemprotan disinfektan pada tenda-tenda darurat serta wilayah-wilayah yang ditempati para pengungsi.

Diketahui, kebakaran yang melanda wilayah Ongkoliong Batu Merah menghanguskan 73 bangunan rumah, yang dihuni oleh 82 Kepala Keluarga dengan jumlah jiwa sebanyak 630 orang.