Ambon, TN- Masyarakat negeri (desa) Rutung kecamatan Leitimur Selatan, bergotongroyong melakukan kerja bakti membersihkan sejumlah tempat di negeri Rutung, salah satunya tempat mandi orang laki-laki dan orang perempuan di Kali Waihula, Jumat (13/3).

Kerja bakti tersebut, dalam rangka menyambut momen penting dalam pelaksanaan adat Pemanasan Gandong (hubungan adik dan kakak antara dua desa) antara negeri Rutung dan negeri Rumahkay kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Komunitas Maluku Satu Rasa lakukan aksi bersih-bersih di negeri Rutung jelang Panas Gandong. Foto wim.
“Kerja bakti atau bersih-bersih negeri (desa) yang katong (kami) lakukan saat ini bertujuan untuk menyambut katong punya saudara gandong kakak dari negeri Rumahkay saat acara Panas Gandong tanggal 18 Maret 2020 mendatang,” ujar Sekretaris negeri Rutung, Rinaldo Talahatu.

“Jadi bukan di air (kali) Waihula saja yang dibersihkan, ada beberapa tempat di dalam negeri (kampung) juga dibersihkan. Ini semua dilakukan supaya semua menarik jika dilihat,” lanjutnya kepada Media ini.

Selain kerja bakti membersihkan kali Waihula, kerja bakti juga dilakukan Jujaro Mungare (Pemuda dan Pemudi) yang dibantu oleh komunitas Maluku Satu Rasa (M1R) Salam Sarane (Islam dan Kristen) kota Ambon turut terlibat dalam kerja bakti di sejumlah tempat di negeri Rutung.

Acara adat Pemanasan Gandong ini juga merupakan salah satu bentuk kearifan lokal masyarakat dari negeri-negeri adat di provinsi Maluku yang penting untuk dilestarikan dan dijaga agar tidak punah.

Acara tersebut juga masuk dalam program pemerintah kota Ambon melalui agenda Visite Ambon 2020, dan Pemanasan Gandong Rutung-Rumahkay menjadi salah satu tujuan wisata dalam Festival Ambon tersebut yang mulai 18 sampai 22 Maret 2020.

Berita lain untuk anda

Laitupa Marah Jenazah Pasien Covid-19 Dimakamkan Seperti Ayam Yang Mati

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Anggota DPRD Provinsi Maluku, Wahid Laitupa kesal dan marah,…

Di Kota Sorong, Rapid Tes Digratiskan Bagi Pelajar, Mahasiswa Dan Warga Kurang Mampu

TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Pemerintah Kota Sorong menggratiskan biaya rapid tes bagi…

Akhirnya, 30 Juli 2020 Hasil Tes CPNS Papua Barat Formasi 2018 Diumumkan

TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI-Pengumuman hasil tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2018…