Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan, menandatangani prasasti peresmian kantor Samsat Manokwari. Foto-Humas Papua Barat/TN.

TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI- Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan, menghadiri acara peresmian kantor Samsat Manokwari sekaligus melauching E-Mutasi Ranmor Papua Barat, E-Formulir STNK-BPKB dan program BPKB DILEVERY Polda Papua Barat di kantor Samsat Jl. Pahlawan Swapen Manokwari, Selasa (30/6).

“Kami bersyukur dalam penerapan E-Mutasi Ranmor  dan E-Formulir STNK-BPKB serta program BPKB DILEVERY Polda Papua Barat yang dilakukan ditengah pandemic Covid-19 ini, meang membutuhkan inovasi layanan yang berbasis digital, dengan tetap mengutamakan protocol kesehatan serta kecepatan pelayanan dan mengurangi antara pertemuan pemohon dan petugas, khususnya dalam layanan dibidang registrasi identifikasi kenderaan bermotor,” ujar gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, dalam sambutannya.

Menurutnya, salah satu layanan yang menjadi perhatian Polda Papua Barat adalah layanan mutasi kenderaan bermotor, yang selama ini dalam prosesnya mendapat keluhan akibat pemohon harus bolak balik ke kantor Samsat dan banyak juga kenderaan bermotor dari luar provinsi Papua Barat yang beroperasi di wilayah Papua Barat yang berpotensi menguras Pendapatan Asli Daerah (PAD) Papua Barat.

Kata gubernur Mandacan, layanan aplikasi E-mutasi Papua Barat merupakan satu-satunya layanan berbasis android, khususnya mutasi kenderaan bermotor yang ada di Indonesia. “Kita patut bangga, meski jauhnya wilayah kita, namun kita mampu menghadirkan layanan aplikasi berkualitas dan berani memberikan layanan secara transparan di era new normal saat ini,” tandasnya.

Selain itu, Polda Papua Barat juga meluncurkan layanan aplikasi E-Formulir STNK-BPKB berbasis web service yang dapat diakses dengan mudah melalui website Ditlantas Polda Papua Barat. “Masyarakat yang mau mengurus BPKB tidak perlu repot lagi mendatangi kantor Samsat dan mengisi blangko permohonan, hanya cukup dengan mengisi formulir yang telah tersedia dan kemudian mencetak formulir tersebut, tanpa harus menunggu lama,” jelas orang nomor satu di provinsi Papua Barat itu.

Setelah peluncuran layanan Samsat berbasis internet tersebut, gubernur Papua Barat memberikan apresiasi kepada Polda Papua Barat, dan berharap aplikasi tersebut segera disosialisasikan kepada masyarakat di Papua Barat sehingga layanan ini benar-benar bermanfaat bagi masyarakat khususnya di Provinsi Papua Barat, dan dapat menunjang kerja jajaran Polda Papua Barat.

Bersama gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, hadir dalam acara tersebut, Kapolda Papua Barat, Irjel Pol Tornagogo Sihombing, S.I.K, M.Si, Pangdam XVIII Kasuari, Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra, S.IP, Sekda Manokwari, Drs  Aljabar Makatita, M.Si, bersama Kepala Kejaksaan TInggi Papua Barat, Yusuf, serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Papua Barat.

Berita lain untuk anda

Laitupa Marah Jenazah Pasien Covid-19 Dimakamkan Seperti Ayam Yang Mati

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Anggota DPRD Provinsi Maluku, Wahid Laitupa kesal dan marah,…

Di Kota Sorong, Rapid Tes Digratiskan Bagi Pelajar, Mahasiswa Dan Warga Kurang Mampu

TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Pemerintah Kota Sorong menggratiskan biaya rapid tes bagi…

Akhirnya, 30 Juli 2020 Hasil Tes CPNS Papua Barat Formasi 2018 Diumumkan

TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI-Pengumuman hasil tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2018…