KM. sinabung yang hendak sandar di pelabuhan Sorong. (Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Seorang penumpang KM. Sinabung asal Ternate bernama Samsul kedapatan membawa dokumen Surat Izin Masuk (SIM) palsu setelah diperiksa oleh Gugus tugas Covid-19 kota Sorong. Ia mengaku mendapat dokumen izin tersebut dari calo di kota Sorong.

Samsul yang tiba di Sorong bersama anaknya itu mengaku mendapatkan surat izin masuk dari calo dengan harga Rp700.000. Namun sayangnya dia tidak mengenal calo tersebut karena hanya kenal melalui facebook kemudian berkomunikasi melalui telepon.

Samsul, penumpang KM. sinabung asal ternate yang kedapatan membawa SIM palsu. (Foto:Mega/TN)

“Jujur pak saya tidak kenal benar calo tersebut karena komunikasi melalui telepon. Saya baru tahu surat izin masuk ini palsu padahal saya sudah bayar Rp700.000 untuk dua surat izin masuk ke kota Sorong,” kata Samsul saat diperiksa petugas lapangan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Sorong di ruangan terminal penumpang.

Mengetahui ternyata Surat Izin Masuk yang dikantonginya ternyata palsu, Samsul tak kuasa menahan air matanya saat diberikan sanksi naik kembali ke kapal dengan biaya sendiri.

Sementara itu, Koordinator Pengawasan Lapangan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Sorong, Fenty Henry Tallane yang memberikan keterangan terpisah, mengatakan bahwa Samsul bersama 13 penumpang lainnya diberikan sanksi naik kembali ke kapal melanjutkan perjalanan dengan biaya sendiri karena masuk kota Sorong tanpa surat izin dan ada pula yang memalsukan dokumen tersebut.

Menurut dia, masuk kota Sorong dari luar Papua menggunakan transportasi kapal laut harus ada surat izin masuk karena kota Sorong masih pembatasan akses jalur laut guna mencegah penyebaran virus Corona.

Dikatakan bahwa surat izin masuk ke kota Sorong diberikan dikeluarkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Sorong gratis tanpa biaya asalkan alasan masuk ke kota Sorong jelas sesuai edaran Wali Kota Sorong.

“Kami berharap pelaku perjalanan menggunakan kapal laut mengurus surat izin masuk ke kota Sorong karena gratis tidak melakukan pemalsuan dokumen atau beli di calo karena akan diberikan sanksi,” ujarnya.

Berita lain untuk anda

Empat Jam Diguyur Hujan Deras, Kota Sorong Dikepung Banjir

TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Hujan deras yang turun sejak Kamis (16/72020) Sore…

Dihadapan MenPAN-RB, Gubernur Papua Barat Minta Kuota Tambahan Pada Formasi CPNS 2018

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA- Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan, pimpin 13 kepala daerah…

Gubernur PB dan Seluruh Kepala Daerah akan Temui MenPAN, Bupati AFU Minta Peserta CPNS di Raja Ampat Bersabar

TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Gubernur Papua Barat (PB), Drs Dominggus Mandacan, Senin (3/8/2020) mengundang…