Sorong, TN – Sebagai bentuk upaya pencegahan penyebaran virus corona yang saat ini sedang menjadi permasalahan di Indonesia, BPJS Kesehatan telah memaksimalkan alur pelayanan di cantor cabang masing-masing sesuai dengan sarana preventif dan prosedur standar tindakan pencegahan penyebaran virus tersebut.

“Standar ini telah diterapkan di kantor cabang maupun seluruh kantor kabupaten yang ada di wilayah kerja Sorong. Harapannya seluruh peserta yang berkunjung dan pegawai dapat terlindungi dengan adanya pencegahan ini. Kita lakukan pengecekan suhu badan peserta dan pegawai, penyediaan hand sanitizer, dan penggunaan masker diarea pelayanan,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sorong Ivan Ravian, Selasa (24/03).

Ivan menjelaskan peserta yang akan berkunjung, terlebih dahulu akan dilakukan pengecekan suhu badan menggunakan alat thermal gun oleh satpam. Untuk peserta yang memiliki suhu tubuh diatas 37,5 derajat celcius akan diarahkan oleh satpam untuk melakukan pengecekan kondisi di fasilitas kesehatan terdekat.

“Bagi yang sudah memiliki kartu JKN-KIS maka bisa ke fasilitas kesehatan yang terdaftar,” jelasnya.

Salah satu peserta JKN-KIS yang merasakan perubahan prosedur layanan tersebut, Putri Diana (28), mengaku merasa tak terganggu dengan pengecekan yang dilakukan BPJS Kesehatan. Menurutnya hal tersebut merupakan salah satu tindakan yang tepat untuk mencegah penyebaran virus ke masyarakat.

“Aman sih, kami peserta tidak ada merasa terganggu. Malah kami bersedia dilakukan pengecekan sesuai prosedur yang ada. Pelayanannya masih sama ramah dan tanggap seperti biasa. Sarana dan pemberitahuannya jelas, maksudnya untuk pencegahan dan memang prosedur, jadi kami juga tidak merasa tersinggung dan bersedia dicek,” ungkapnya.

Selain pencegahan di layanan kantor cabang, untuk mencegah penyebaran virus tersebut, beberapa layanan BPJS Kesehatan untuk sementara ditiadakan, seperti pelayanan Mobile Customer Service (MCS), sosialisasi/pemberian informasi langsung melalui forum pertemuan, dan kegiatan lainnya yang melibatkan pengumpulan banyak orang di satu lokasi guna meminimalisir kontak langsung dengan masyarakat. Namun masyarakat tetap dapat mengakses layanan JKN-KIS dengan mudah melalui alternatif kanal lainnya seperti aplikasi Mobile JKN dan BPJS Kesehatan Care Center 1500 400.

Berita lain untuk anda

Empat Jam Diguyur Hujan Deras, Kota Sorong Dikepung Banjir

TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Hujan deras yang turun sejak Kamis (16/72020) Sore…

Gubernur PB dan Seluruh Kepala Daerah akan Temui MenPAN, Bupati AFU Minta Peserta CPNS di Raja Ampat Bersabar

TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Gubernur Papua Barat (PB), Drs Dominggus Mandacan, Senin (3/8/2020) mengundang…

Diduga Terhimpit Angsuran Kredit Motor, Karyawan Kafe Ini Nekat Gantung Diri

TEROPONGNEWS.COM, AIMAS –  Ruben Songko, seorang karyawan kafe di Kampung Baru Kota…